Thursday, May 13, 2021
Home > News > Infrastructure > Bandara Soetta Tingkatkan Level Safety Ramp & Terminal Safety Campaign

Bandara Soetta Tingkatkan Level Safety Ramp & Terminal Safety Campaign


Pembukaan Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC) dan peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. (Foto : Multa Fidrus)

Banten-News | Infrastructure | Tangerang

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Soekarno-Hatta kembali melaksanakan Ramp Safety Campaign (RSC) di Gedung Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Rabu, 22 Januai 2020.

Kampanye keselamatan penerbangan yang rutin digelar ini sekaligus dilaksanakan Terminal Safety Campaign (TSC) serta peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020.

Dalam apel bulan K3 2020 ini diikuti oleh Otoritas Bandara, AirNav, Ground Handling, GMF, Kepolisian, AOC Internasional, AOC Domestik, CIQ (Custom, Immigration, Quarantine), KKP, Airlines, Pertamina dan komunitas Bandara lainnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin mengatakan, RSC dan TSC tersebut bertujuan untuk menumbuhkan serta meningkatkan kepedulian seluruh stakeholder dan komunitas di bandara akan pentingnya keamanan dan keselamatan operasional penerbangan.

“Sinergi antar stakeholder harus terus dilakukan perihal aspek safety. Karena kalau kita tidak bersinergi antar stakeholder tidak akan berjalan. Selain itu harus juga terus mengembangkan pemahaman tentang aspek safety karena sangat penting di dalam pengelolaan Bandara,” ujar Awaluddin.

Oleh karenanya, untuk kegiatan kali ini dilakukan dengan dua arah dimana diadakan talkshow dengan para stakeholder dan komunitas lain di Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi yang biasanya sifat satu arah sekarang dua arah sehingga dari seluruh stakeholder bisa memberikan masukan bagaimana safety level kebandarudaraan ini dapat ditingkatkan lebih baik,” tuturnya.

Lebih jauh Awaluddin menjelaskan, perseroan akan melakukan peningkatan level safety di sejumlah area yang memiliki potensi resiko yang cukup tinggi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Peningkatan level safety dilakukan dengan menggunakan teknologi dan sistem yang mutakhir.

“Yang pertama adalah operasi di ramp area (sisi udara) yang cukup punya potensi resiko tinggi dengan pergerakan take off dan landing kurang lebih 1.200 per harinya. Artinya itu membawa juga pergerakan dari aspek lainnya seperti ground support equipmentnya kemudian ground handling-nya,” tuturnya.

Tak hanya itu, seluruh Terminal kedatangan dan keberangkatan pun saat ini menjadi concern PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan safety level. Dimana bukan hanya penggunaan teknologi namun juga pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Dengan luasan yang luar biasa, contoh Terminal 3 saja 400 ribu persegi jadi luasan yang segitu titik pengawasannnya harus banyak dengan menggunakan teknologi dan sebagainya, jadi kembali lagi pada akhirnya SDM-nya juga harus punya pemahaman dan peduli hingga safety level-nya dapat ditingkatkan,” tutup Awaluddin.

Senior Manager of Branch Communication Angkasa Pura II KCU Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, perseroan telah secara rutin menggelar Ramp Safety Campaign dan Terminal Safety Campaign setiap tahunnya agar seluruh stakeholder dan masyarakat dapat meningkatkan dan menumbuhkan kepedulian akan pentingnya keselamatan operasional penerbangan.

“Melalui Ramp Safety Campaign dan Terminal Safety Campaign ini, kami mengajak seluruh stakeholder dan komunitas dan masyarakat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta untuk membangun budaya keselamatan penerbangan yang merupakan aspek utama dalam transportasi udara yang harus zero accident.”

Febri menjelaskan, berdasarkan safety overview tahun 2019, Angkasa Pura II mampu mempertahankan zero accident. Dengan kata lain, Safety Improvement yang dilakukan bersifat konsisten dan berkelanjutan serta menciptakan safety innovation dalam menghadapi Industry 4.0.

“Meskipun demikian, peningkatan safety level tetap perlu ditingkatkan di tahun ini sehingga tingkat incident maupun accident dapat lebih rendah atau menurun dari tahun sebelumnya. Komitmen keselamatan adalah concern utama bagi kami,” tutur Febri Toga.

Kampanye keamanan dan keselamatan penerbangan ini akan berlangsung hingga 12 Februari 2020 mendatang.

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close