Tuesday, November 30, 2021
Home > News > Business > Bandara Soetta Berikan Bantuan Pelatihan Upgrade Desain dan Cetak Kemasan Produk UMKM

Bandara Soetta Berikan Bantuan Pelatihan Upgrade Desain dan Cetak Kemasan Produk UMKM


Banten-News | Business | Tangerang Bandara

Sebanyak 15 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan Mitra Binaan PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Bandara Soekarno-Hatta mengikuti pelatihan upgrade desain dan cetak kemasan produk secara gratis.

Pelatihan untuk meningkatkan daya tarik dan mendongkrak pasar produk pelaku UMKM sekitar Bandara Soekarno-Hatta ini berlangsung di Hotel Pakons Prime, Kota Tangerang selama dua hari atau tanggal 22-23 Nopember 2021.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendorong dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui pelaku UMKM yang merupakan mitra binaan kami,” kata Deputy EGM of Finance & HRD Bandara Soekarno-Hatta, Kenny Priani, Rabu (24/11/2021).

Kenni Priani mengatakan, dalam pelaksanaan pelatihan tersebut pihaknya bekerjasama dengan narasumber yang berpengalaman di bidang desain kemasan produk dari Bandung, Jawa Barat.

“Adapun yang memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, kami mendatangkan tim dari Rumah Kemasan Bandung yang dipimpin oleh saudara Mohamad Firsan,” ujarnya.

Kenni Priani yang didampingi Yudha Permana selaku Senior Manajer Of Finance Bandara Soekarno-Hatta berharap dengan adanya pelatihan tersebut dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan produknya.

“Semoga dengan adanya rangkaian pelatihan dan bantuan cetak kemasan ini dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan omzet penjualan produknya. Sehingga dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian warga sekitar wilayah bandara khususnya para pelaku UMKM,” kata Kenny Priani.

Sementara itu, Ahmad Nawawi, salah satu UMKM Mitra Binaan Bandara Soekarno-Hatta mengaku sangat terksesan dengan kegiatan pelatihan yang digelar oleh PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut.

“Sangat terharu dan berkesan sekali dengan perhatian APII kepada kami pelaku UMKM yang memang membutuhkan dukungan dan bimbingan untuk mengembangkan usaha,” ujarnya.

“Dengan adanya pelatihan dan bantuan kemasan ini saya pribadi sangat optimis usaha Kripik Pisang saya akan bisa menembus pasar yang lebih luas lagi,” tambah pengusaha aneka Kripik Singkong dan Pisang NNY ini.

Disamping itu Rumah BUMN Tangerang yang juga merupakan fasilitas pembinaan UMKM yang di kelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) di wilayah kota Tangerang, pada tahun 2021 ini juga telah menggelar setidaknya 6 kali pelatihan untuk mendongkrak pasar produk UMKM. Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 kegiatan ini dilangsungkan secara daring atau melalui live webinar.

Pertama dan kedua pada tanggal 24-25 Maret 2021 digelar pelatihan dengan tema ‘UMKM Bangkit, Ekonomi Melejit:Marketing in Crisis’ dan ‘Trik set-up tampilan logo/Kemasan Lebih Menarik’.

Pelatihan kedua dan ketiga digelar pada 30-31 Maret 2021 dengan tema ‘Membuat brand lebih hidup dengan brand digital’, dan ‘Membangun peta bisnis dengan bussines model canvas.’

Tanggal 23 September 2021 juga dilaksanakan dengan live webinar dengan tema ‘Panduan Promosi dan Berjualan di TikTok’ dengan narasumber Ayu Shinta Arizona yang merupakan seorang TikTok Content Creator.

Serta tanggal 30 September 2021 digelar pelatihan secara tatap muka dengan tema ‘Strategi Panen Uang Dari Instagram’ yang dilaksanakan di APSpace Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 pelaku UMKM.

Selain itu, PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soekarno-Hatta telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 1,8 miliar. Dana kemitraan yang disalurkan dari Januari-September 2021 ini diterima oleh 57 pelaku UMKM yang bergerak di sektor kerajinan tangan, makanan dan souvenir. (Red-BN)

Redaksi
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *