Saturday, October 31, 2020
Home > News > Public Service > APBD Kabupaten Tangerang Terancam Defisit Rp 452 Miliar

APBD Kabupaten Tangerang Terancam Defisit Rp 452 Miliar


Banten-News | Public Service | Tangerang Kabupaten

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menggelar diskusi online terkait PSBB tahap dua dengan aktivis pemuda dan mahasiswa Tangerang Utara (Pantura), Kabupaten Tangerang, Jumat, 8 Mei 2020.

Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kabupaten Tangerang bisa terancam defisit Rp 452 miliar bila pandemi virus corona atau covid-19 tidak mereda pada Juni 2020.

Prediksi ini disampaikan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tangerang Sapri.

Dia menjelaskan, bahwa bila pandemi Covid-19 belum bisa tertangani sampai Juni lewat sampai Desember 2020. Paling buruk Pemkab Tangerang harus menyiapkan anggaran 50 persen dari APBD yang telah ditentukan diawal.

“Bila ditotalkan, kebutuhan anggaran Pemkab Tangerang sampai Desember ketemulah anggka 1,92 Triliun. Sedangkan APBD Kabupaten Tangerang hanya Rp 642 miliar, jadi terjadi defisit Rp 452 miliar,” jelasnya dalam diskusi online bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Aktivis Pemuda dan Mahasiswa Tangerang Utara, Kabupaten Tangerang.

Meskipun akan ada pemasukan pajak, Sapri juga memprediksi pendapatan tersebut tidak terlalu signifikan karena banyak sektor jasa yang tutup. Bahkan, pendapatan itu akan habis terpakai untuk menangani Covid-19.

“Kalau virus Corona tidak bisa tertangani, ya kebutuhan akan semakin bertambah. Ibaratanya gali lobang tutup lobang,” paparnya.

Untuk mengantisipasi defisit APBD ini, lanjut Sapri, Pemkab Tangerang harus inovatif dan kreatif menjaring anggaran dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Banyak pos anggaran di provinsi maupun di pusat yang bisa digelontorkan ke daerah.

“Tapi saya berharap, pandemi covid-19 bisa tertangani hingga Juni 2020 agar tidak terjadi defisit APBD,” harapnya. (radar24news)

Admin
The Resource & Directory Of Banten Today
https://banten-news.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close